PROGRAM STUDI

DIPLOMA IV TRANSPORTASI DARAT

Kami siap mendidik putera puteri terbaik bangsa menjadi insan perhubungan yang prima, profesional & beretika


PROGRAM UNGGULAN
Lulusan Program Diploma IV Transportasi Darat sebagai Ahli Perencanaan dan Pemodelan Transportasi.

SEKILAS JURUSAN TRANSDAR
Penyelenggaraan Program Studi D-IV Transportasi Darat yang semula hanya berjenjang pendidikan Diploma III disahkan oleh Mendikbud RI. Pengesahan Penyelenggaraan Program D-IV Transportasi Darat di Lingkungan Kemenhub disahkan berdasarkan SK Mendikbud RI No.002/0/1991.

AKREDITAS D-IV TRANSDAR
Program Studi D-IV Transportasi Darat memiliki akreditasi A atas keputusan BAN-PT Nomor : 0234/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-IV/IV/2016 tanggal SK. 21 April 2016.

KEGIATAN TARUNA D-IV TRANSDAR
1. Perkuliahan
2. Ekstrakurikuler
3. Kuliah kerja lapangan
4. Praktek kerja lapangan
5. Pelatihan kompetensi taruna
6. Wisuda taruna

DAYA SERAP LULUSAN PRODI D-IV TRANSPORTASI DARAT
1. Sejak berdirinya program diploma IV transportasi darat dari tahun 2002 hingga 2016 daya serap lulusan
    sebanyak 385 Taruna/i
2. Penyebaran lulusam Diploma IV Transportasi Darat terdapat di sektor pemerintah baik pemerintah
    provinsi/kota/kabupaten dan juga di sektor BUMN atau di BUMS.
3. Dengan adanya upaya pencangan pola pembibitan, diupayakan dapat mengoptimalkan daya serap
    lulusan program D-IV Transportasi Darat.

KELOMPOK BIDANG STUDI
1. Perencanaan Transportasi
2. Manajemen & Rekayasa Lalin
3. Manajemen Angkutan Umum
4. Keselamatan Transportasi
5. Multimoda

PRASARANA PENDIDIKAN TRANSDAR
1. Laboratorium ITS (ATSC Room)
2. Lab Aplikasi Program Transportasi (Vissim, Vissum, Vistro, Emme, Transyt, Arcady, Picady)
3. Lab LLAJ dan Lab. KA
4. Perpustakaan Taruna
5. Auditorium Taruna
6. Ruang Kelas

PENGAJAR/DOSEN D-IV TRANSDAR
  • Azrizal, MT
  • M. Nurhadi, MT
  • DR. Efendhi P.R, MT
  • DR. Edi Waluyo, M.Sc
  • DR. Jopie Jehosua, M.STr
  • DR. Bambang S, M.Sc
  • Hotland Silaban, M.Si
  • Nur’aini Boer, SE
  • Drs. Margono
  • Ir. Djajadi, M.M
  • Dra. Siti Umiyati, M.M
  • Budiharso H, MT
  • Widorismono, MT - Ir. Tonny Korah, M.Si
  • Sugita, M.M
  • Sahar Andika P, MH
  • Rachmat Sadili, MT
  • Novita Sari, M.Eng
  • Dessy Angga A, MT
  • Yanuar Herdianto, M.Sc
  • Tarli, SE
  • Ir. Tri Yudi Andaru
  • Noval Seda W, MT
  • Yuanda P, MT
  • Sabrina H, MT

KOMPETENSI TARUNA D-IV TRANSDAR
1. Perencanaan Jaringan Transportasi
2. Perekayasa Lalu Lintas
3. Perancang Simpul e-Integrasi Antar Moda
4. Perekayasa Sistem Angkutan Barang
5. Pemodelan Transportasi Darat

KULIAH KERJA LAPANGAN (KKL)
KKL merupakan salah satu kegiatan pembelajaran Taruna yang dilakukan di lapangan untuk dapat langsung mengetahui kondisi Transprotasi secara kesisteman yang baik, sehingga Taruna mampu mengobservasi dan membandingkan secara umum sistem Transportasi yang baik dan juga menambah wawasan Taruna.
Kegiatan KKL Taruna tersebut dilaksanakan di negara Singapore dan Malaysia setiap tahun oleh Taruna Tingkat III.

PRAKTEK KERJA LAPANGAN (PKL)
PKL adalah kegiatan pengaplikasian ilmu transportasi dengan 5 bidang yang telah didapatkan Taruna di dalam kelas berupa praktek kerja lapangan dengan melakukan kolektif data serta mengidentifikasi masalah serta usulan awal pemecahan masalah Transportasi di lokasi PKL. Adapun kegiatan dan lokasi PKL dilaksanakanan di Kab/Kota Provinsi seluruh Indonesia setiap tahun yang bekerja sama dengan Dishub terkait.
Kegiatan PKL tersebut wajib dilaksanakan oleh setiap Taruna Tingkat IV.

SASARAN DAN TUJUAN SEKOLAH TINGGI TRANSPORTASI DARAT
-SASARAN 
Menjadikan STTD sebagai Pusat Unggulan pendidikan dan pelatihan sumber daya manusia transportasi darat yang prima, profesional dan beretika.
-TUJUAN
1. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan yang berbasis kompetensi di bidang transportasi darat;
2. Melaksanakan penelitian di bidang transportasi darat yang mendukung pembangunan nasional;
3. Melaksanakan pengabdian masyarakat kepada masyarakat;
4. Membentuk peserta didik yang prima dan beretika;
5. Menciptakan kehidupan kampus yang humanis dan berwawasan lingkungan.

DIPLOMA III MANAJEMEN TRANSPORTASI JALAN


SEKILAS PANDANG
Politeknik Transportasi Darat Indonesia - STTD yang selanjutnya disebut PTDI - STTD merupakan perguruan tinggi negeri di lingkungan kementerian perhubungan yang berada di bawah tanggung jawab kepada kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Perhubungan.
PTDI - STTD mempunyai tugas menyelenggarakan program pendidikan vokasi, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di bidang transportasi darat. STTD semula bernama Akademi Lalu Lintas (ALL) yang didirikan pada tahun 1951, pada tahun 1980 menjadi Balai Diklat ALLJR, pada tahun 2000 menjadi STTD dan pada tahun 2019 menjadi PTDI - STTD melalui peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 50 Tahun 2019.
Salah satu program studi yang ada di PTDI - STTD adalah Diploma III Manajemen Transportasi Jalan yang memiliki lulusan tersebar sebagai Aparatur Sipil Negara di Kementerian, BUMN, dan Dinas Perhubungan seluruh Indonesia, serta sebagai wirausahawan di bidang transportasi jalan.
-VISI
Pusat unggulan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Ilmu Pengetahuan Manajemen Transportasi Jalan pada tahun 2020
-MISI
  1. Membentuk tenaga profesional Lalu Lintas Angkutan Jalan melalui jenjang pendidikan formal sesuai dengan perkembangan IPTEK.
  2. Melakukan penelitian dan pengembangan Lalu Lintas Angkutan Jalan untuk kebutuhan nasional.
  3. Melakukan pengabdian masyarakat di bidang Lalu Lintas Angkutan Jalan.

AKREDITASI
Program Studi Diploma III Manajemen Transportasi Jalan memiliki akreditasi A berdasarkan keputusan BAN-PT Nomor: 1369/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/VII/2016 tanggal SK. 29 Juni 2016.

KURIKULUM PENCIRI KOMPETENSI
Kurikulum yang diberlakukan meliputi Kelompok Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian, Keilmuan dan Keterampilan, Keahlian Berkarya, Perilaku Berkarya, dan Berkehidupan Bermasyarakat.
 A. Kurikulum Penciri Kompetensi Utama:
  • Manajemen Keselamatan
  • Manajemen Rekayasa Lalu Lintas
  • Manajemen Operasional Angkutan Umum
  • Perencanaan dan Kebijakan Transportasi
 B. Kurikulum Penciri Kompetensi Pendukung;
  • Karakteristik Kendaraan Bermotor
  • Teknik Perpetaan dan Ilmu Ukur Tanah
  • Ekonomi Transportasi
  • Rekayasa Kendaraan Bermotor
  • Karakteristik dan Survey Lalu Lintas
  • Karakteristik Operasional dan Survey Angkutan Umum
  • Sistem tata Guna Lahan dan Transportasi


POLA PERKULIAHAN DAN KEGIATAN
Pola perkuliahan yang dilaksanakan dirancang untuk memberikan kemampuan teoritik, analitik, praktek, dan implementasi serta problem solving. Pola perkuliahan meliputi:
  • Tatap muka dan tutorial
  • Praktek dan survai lapangan
  • Seminar reguler
  • Praktek simulator dan laboratorium
  • Diskusi kelompok dan studi kasus
  • Tugas tiap mata kuliah
  • Studi banding / kunjungan
  • Kuliah kerja lapangan
  • Praktek kerja lapangan
  • Kerja praktek

TENAGA PENGAJAR
Tenaga Pengajar Program Studi D-III MTJ mempunyai kualifikasi pendidikan S1, S2, dan S3 dalam negeri maupun luar negeri. Tenaga Pengajar didukung pula oleh Dosen Tamu yang terdiri dari para pejabat dan Praktisi Transportasi di bidangnya.

PROFIL LULUSAN
Peran dan fungsi yang dapat dijalankan oleh lulusan setelah memasuki area kerja dan atau masyarakat adalah sebagai Aparatur Sipil Negara di bidang transportasi jalan, Teknisi di bidang transportasi jalan, Instruktur di bidang transportasi jalan, dan Wirausaha.

FASILITAS PENDIDIKAN
Ruang kelas dan ruang seminar ber-AC, perpustakaan dengan referensi buku terbitan dalam negeri maupun luar negeri, peralatan praktek, alat survey dengan teknologi terkini, kendaraan hawkeye, laboratorium semulator mengemudi, laboratorium APILL, Lab. Fasilitas perlengkapan jalan, Lab. Informatika dan komputer, Lab. Pengujian Kendaraan Bermotor, Ruang Studio Gambar, Ruang Studio Kerja, Ruang Amphitheater, dan sarana prasarana pengajaran dengan teknologi multimedia dan internet.

JALUR PENERIMAAN
Seleksi penerimaan taruna baru program studi D-III Manajemen Transportasi Jalan Politeknik Transportasi Darat Indonesia - STTD dibuka dengan pola pembibitan melalui program kerja sama (MOU) antara STTD dengan Pemerintah Daerah di seluruh indonesia (cq. Badan Kepegawaian Daerah dan Dinas Perhubungan Setempat).

EVALUASI BELAJAR
Pelaksanaan evaluasi selama mengikuti pendidikan dilakukan melalui Evaluasi Akademik dan Evaluasi Kesamaptaan serta kedisiplinan yang dilakukan secara periodik. Terhadap kompetensi-kompetensi penciri Taruna diwajibkan melakukan uji kompetensi dan apabila dinyatakan lulus, sebagai pendamping ijazah lulusan D-III MTJ juga diperlengkapi dengan sertifikat kompetensi yang dikeluarkan oleh lembaga yang berwenang BNSP (Badan Nasional Sertifikat Profesi).

TUGAS AKHIR PROGRAM STUDI
1. Praktek Kerja Lapangan
Dalam rangka menguji kemampuan komprehensif taruna selama mengikuti proses belajar mengajar pada semester VI akan dilaksanakan PKL (Praktek Kerja Lapangan) selama 3 bulan di kota/kabupaten seluruh Indonesia. Dengan tujuan utama menyusun database pola umum transportasi di wilayah studi.
2. Kerja Praktek
Kerja Praktek didesain untuk memberikan pengalaman yang komprehensif bagi Taruna/I PTDI - STTD terkait dengan dunia kerja sesungguhnya sebagai pengejawantahan ilmu pengetahuan yang diperolehnya selama mengikuti pendidikan, sehingga setelah lulus nanti dapat dengan cepat menyesuaikan diri dengan lingkungan kerja dan memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan diri dan organisasi.
3. Kertas Kerja Wajib
Selain melaksanakan PKL, Taruna diwajibkan secara individu menulis KKW (Kertas Kerja Wajib) dengan topik penelitian berdasarkan hasil riset di lapangan selama PKL. Tujuan utamanya menghasilkan karya ilmiah berhasil dan berdayaguna bagi daerah.

KERJASAMA
Dalam rangka melaksanakan Tri Dharma perguruan Tinggi, PTDI - STTD telah bekerja sama dengan Pemerintah Daerah maupun dengan Sektor Swasta, baik dalam hal penyelenggaraan Pendidikan dan Pelatihan Pegawai, Konsultansi maupun penelitian.
Kerjasama Diklat Peningkatan SDM diantaranya berupa :
  • Diklat Manajemen dan Rekayasa Lalu Lintas
  • Diklat Andalalin
  • Diklat ITS (Intelligent Transport System)
  • Diklat Pengelolaan Terminal
  • Diklat Pengujian Kendaraan Bermotor
  • Diklat Manajemen Angkutan Barang
  • Diklat Manajemen Transportasi Perkotaan
  • Diklat Kemampuan Pengemudi Profesional
  • Dan Lain-lain

DIPLOMA III

MANAJEMEN TRANSPORTASI PERKERETAAPIAN


VISI DAN MISI PRODI
VISI:
Pusat Unggulan Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Ilmu Pengetahuan Manajemen Transportasi Perkeretaapian pada tahun 2020
MISI:
a. Mebentuk tenaga profesional Manajemen Transportasi Perkeretaapian melalui jenjang pendidikan formal
    sesuai dengan perkembangan IPTEK
b. Melakukan penelitian dan pengembangan Manajemen Transportasi Perkeretaapian untuk kebutuhan
    Nasional
c. Melakukan Pengabdian Masyarakat di Bidang Manajemen Transportasi Perkeretaapian

TUJUAN PROGRAM STUDI
a. Mendidik Sumber Daya yang Ahli di Bidang Manajemen Transportasi Perkeretaapian
b. Memenuhi Permintaan Sumber Daya Manusia yang ahli dibidang Manajemen Transportasi Perkeretaapian
    Sektor Pemerintah dan Swasta

AKREDITASI
Program Studi Manajemen Transportasi Perkeretaapian miliki Akreditasi A atas keputusan BAN-PT Nomor : 0798/SK/BAN-PT/Akred/Dipl-III/VI/2016

MEKANISME PERKULIAHAN
Perkuliahan di Manajemen Transportasi Perkeretaapian terdiri dari materi-materi mengenai teknis operasi dan transportasi perkeretaapian dengan komposisi 40% Perkuliahan dari kelas, 50% Praktek/Praktikum di Laboratorium dan 10% kunjungan lapangan melalui :
a. Tatap muka dan tutorial
b. Penugasan mata kuliah
c. Seminar reguler
d. Kuliah kerja lapangan dan magang
e. Praktek simulator di laboratorium
f. Diskusi kelompok dan studi kasus
g. Studi banding/kunjungan
h. Praktek kerja lapangan

TENAGA PENGAJAR
Tenaga pengajar Diploma III Manajemen Transportasi Perkeretaapian terdiri dari, tenaga pengajar profesional dan tenaga pengajar yang telah berpengalaman dibidang Perkeretaapian dengan pendidikan S1,S2 dan S3.

SARANA DAN PRASANA PERKULIAHAN
Untuk mendukung kegiatan perkuliahan, Prodi Diploma III Manajemen Transportasi Perkeretaapian didukung sarana dan prasarana yang lengkap terdiri dari :
  1. Ruang Amphiteater
  2. Ruang Perpustakaan Jurusan
  3. Ruang kelas dan Ruang Seminar
  4. Laboratorium Indoor dan Outdoor Perkeretaapian


KOMPETENSI DAN PENCIRI LULUSAN
  1. Memiliki kualitas profesional dalam pengoperasian dan perencanaan kereta api dengan wawasan yang mendalam pada teknologi kereta api yang mengarah pada terbentuknya jiwa kreatif, inovatif dan memegang nilai-nilai moral.
  2. Memiliki kualitas dalam menjalankan fungsi dalam bekerja dengan menggunakan teknologi dan terampil di bidang perkeretaapian baik secara teknis maupun administratif, serta mampu melakukan pemeliharaan perkeretaapian.
  3. Mampu menjadi praktisi perkertaapian dan menggunakan peralatan perbengkelan serta melakukan perbaikan. Mampu mengoperasikan komputer dan berkomunikasi dalam bahasa inggris dengan baik.

PERSYARATAN PENDAFTARAN MELALUI POLA PEMBIBITAN
  1. Usia Maksimal 23 Tahun
  2. Jenis Kelamin : Pria / Wanita
  3. Belum menikah dan sanggup tidak menikah selama pendidikan
  4. Tinggi badan minimal Pria : 165 cm dan Wanita : 160cm
  5. Berasal lulusan SMA Jurusan IPA dan SMK Jurusan Otomotif, Komputer Elektro
  6. Rata-rata nilai Ujian Akhir Nasional (UAN) Minimal 7 (tujuh) untuk mata pelajaran Matematika, Fisika, dan Bahasa Inggris
  7. Pas Foto terbaru ukuran 4x6 sebanyak 4 lembar latar belakang merah
  8. Foto Copy STTD / NUAN / SKHUN
  9. Surat keterangan belum menikah dari kelurahan yang asli / foto copy legalisir
  10. Bagi yang masih duduk di kelas III SLTA / MA / SMK, dengan membawa surat keterangan dari Kepala Sekolah sebagai peserta UAN
  11. Menyerahkan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK).

KERJASAMA
Kerjasmaa yang telah dijalin oleh Politeknik Transportasi Darat Indonesia Khususnya Program Studi Diploma III Manajemen Transportasi Perkeretaapian dengan berbagai instansi baik BUMN, Pemerintah Daerah, Operator Kontraktor diantaranya :
  1. Direktorat Jenderal Perkeretaapian
  2. Badan Litbang Perhubungan Darat
  3. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta
  4. Provinsi Papua Barat
  5. PT. KAI (Persero)
  6. PT. Industri Kereta Api
  7. PT. LEN Industri
  8. PT. Angkasa Pura II
  9. PT. Moda Raya Terpadu (MRT) Jakrta
  10. PT. Light Rail Transit (LRT) Jakarta
  11. PT. Purna Baja Harsco
  12. PT. Railink
  13. PT. Kereta Commuter Indonesia (KCI)
  14. PT. Kereta Cepat Indonesia – China (KCIC)
  15. PT. LEN Railways System (LRS)
  16. PT. Sarana Nusantaa Industri
  17. PT. Kharisma Abadi Utama
  18. PT. Angkasa Pura II
  19. PT. Modern Surya Jaya
  20. PT. Pandrol Indonesia
  21. PT. Celebes Railwas Indonesia
  22. Liuzhou Vocational Railway Technical College (LRVTC)
  23. China Railway Construction Corporation (CRCC)
  24. Korea Internasional Cooperation Agency (KOICA)

PENYERAPAN LULUSAN
Lulusan Diploma III Manajemen Transportasi Perkeretaapian telah banyak terserap baik itu di sektor Pemerintah sebagai regulator, PT. KAI (Persero), PT. MRT Jakarta, PT. LRT Jakarta, PT. KCI, PT. KCIC, sebagai operator, maupun perusahaan-perusahaan swasta yang bergerak di bidang transportasi darat maupun angkutan darat seperti PT. KCJ, PT. HINO, PT. Railink, Konsultan Transportasi, Kontraktor Kereta Api.

FASILITAS LABORATORIUM PERKERETAAPIAN:
  1. Lab. Sarana KA
  2. Lab. Outdor dan PJL
  3. Lab. Persinyalan dan Telkom
  4. Lab. Simulator Operasi dan LAA
  5. Lab. Prasarana Jalan KA

D4-TEKNOLOGI REKAYASA OTOMOTIF

S2 PEMASARAN, INOVASI, DAN TEKNOLOGI


Program Studi Magister Terapan Pemasaran, Inovasi dan Teknologi:

  1. Menerima semua lulusan program Diploma IV/Sarjana berbagai disiplin ilmu terkecuali sastra.
  2. Usia pendaftar Program Magister Terapan maksimal 37 tahun dan untuk daerah terpencil, tertinggal dan terluar maksimal 42 tahun (Keppres Nomor 63 Tahun 2020 Tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2020 - 2024, tanggal 27 April 2020 dan Keppres Nomor 6 Tahun 2017 Tentang Penetapan Pulau-Pulau Kecil Terluar tanggal 2 Maret 2017).
  3. Memiliki latar belakang pendidikan S-1/D-lV/Sarjana Terapan dengan Program Studi terakreditasi minimal "B" dan IPK minimal 3,00, serta sesuai dengan latar belakang Program Studi S-2 yang diminati.
  4. Surat rekomendasi dari instansi pendaftar bagi ASN, dengan masa kerja minimal 1 (satu) tahun terhitung sejak diangkat sebagai ASN;
  5. SK pengangkatan bagi ASN.
  6. Sehat jasmani dan rohani serta tidak memiliki cacat tubuh.
  7. Bagi wanita tidak sedang hamil/ tidak boleh hamil selama pendidikan.

Syarat pendaftaran online dalam bentuk soft copy terdiri atas:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK) atau menggunakan Surat Keterangan Kependudukan/resi permintaan pembuatan KTP dengan format PDF ukuran maksimal 1 MB;
  2. Ijazah dan Transkrip Nilai serta surat penyetaraan/persamaan ijazah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi lulusan luar negeri atau memiliki ijazah berbahasa asing dengan format PDF ukuran maksimal 1 MB;
  3. Pas foto ukuran 4 x 6 cm terbaru berwarna latar belakang merah dengan format PDF ukuran maksimal 1 MB;
  4. Tanda bukti pembayaran formulir pendaftaran dengan format PDF ukuran maksimal 1 MB;

Persyaratan lainnya diunggah dalam 1 (satu) berkas dalam format PDF ukuran maksimal 10 mb yang terdiri atas:

  1. Surat Keputusan Pengangkatan sebagai ASN bagi Aparatur Sipil Negara dengan format PDF;
  2. Surat ijin mengikuti seleksi dari pejabat yang berwenang di Instansi masing-masing dengan format PDF;
  3. Surat keterangan sehat dan tidak cacat tubuh dari dokter dengan format PDF;
  4. Formulir pendaftaran dengan format PDF.
  5. Batas akhir unggah (upload) berkas pendaftaran tanggal 14 November 2021 pukul 23.59 WIB;

S2 TEKNIK KESELAMATAN DAN RISIKO


Program Studi Magister Terapan Teknik Keselamatan dan Resiko:

  1. Menerima semua lulusan program Diploma IV/Sarjana berbagai disiplin ilmu terkecuali sastra.
  2. Usia pendaftar Program Magister Terapan maksimal 37 tahun dan untuk daerah terpencil, tertinggal dan terluar maksimal 42 tahun (Keppres Nomor 63 Tahun 2020 Tentang Penetapan Daerah Tertinggal Tahun 2020 - 2024, tanggal 27 April 2020 dan Keppres Nomor 6 Tahun 2017 Tenlang Penetapan Pulau-Pulau Kecil Terluar tanggal 2 Maret 2017).
  3. Memiliki latar belakang pendidikan S-1/D-lV/Sarjana Terapan dengan Program Studi terakreditasi minimal "B" dan IPK minimal 3,00, serta sesuai dengan latar belakang Program Studi S-2 yang diminati.
  4. Surat rekomendasi dari instansi pendaftar bagi ASN, dengan masa kerja minimal 1 (satu) tahun terhitung sejak diangkat sebagai ASN;
  5. SK pengangkatan bagi ASN.
  6. Sehat jasmani dan rohani serta tidak memiliki cacat tubuh.
  7. Bagi wanita tidak sedang hamil/ tidak boleh hamil selama pendidikan.

Syarat pendaftaran online dalam bentuk soft copy terdiri atas:

  1. Kartu Tanda Penduduk (KTP) atau Kartu Keluarga (KK) atau menggunakan Surat Keterangan Kependudukan/resi permintaan pembuatan KTP dengan format PDF ukuran maksimal 1 mb;
  2. Ijazah dan Transkrip Nilai serta surat penyetaraan/persamaan ijazah dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan bagi lulusan luar negeri atau memiliki ijazah berbahasa asing dengan format PDF;
  3. ukuran maksimal 1 mb;Pas foto ukuran 4 x 6 cm terbaru berwarna latar belakang merah dengan format PDF ukuran maksimal 1 mb;
  4. Tanda bukti pembayaran formulir pendaftaran dengan format PDF ukuran maksimal 1 mb;

Persyaratan lainnya diunggah dalam 1 (satu) berkas dalam format PDF ukuran maksimal 10 mb yang terdiri atas:

  1. Surat Keputusan Pengangkatan sebagai ASN bagi Aparatur Sipil Negara dengan format PDF;
  2. Surat ijin mengikuti seleksi dari pejabat yang berwenang di Instansi masing-masing dengan format PDF;
  3. Surat keterangan sehat dan tidak cacat tubuh dari dokter dengan format PDF;
  4. Formulir pendaftaran dengan format PDF.
  5. Batas akhir unggah (upload) berkas pendaftaran tanggal 14 November 2021 pukul 23.59 WIB;